Lifestyle

3 Tips Mudah Memakai Hijab Syar’i untuk Pemula

Tips Mudah Memakai Hijab Syar’i – Apakah Anda baru memulai perjalanan berhijrah? Jika ya, tips mudah memakai gamis set syari simple untuk pemula berikut ini akan memberikan sedikit suntikan semangat untuk Anda.

Meskipun sudah berhijab syar’i dan menutup aurat dari ujung rambut hingga ujung kaki, bukan berarti Anda tidak bisa tampil modis, lho. Oleh karena itu, simak beberapa tips berhijab di bawah ini yang akan membuat perjalanan hijrah Anda tetap istiqomah.

Tips Mudah Memakai Hijab Syar’i

Tipis Mudah Memakai Hijab Syar'i
Tipis Mudah Memakai Hijab Syar’i

Baca Juga Tetap Mempesona Walau Berhijab.

Secara umum, kunci memakai hijab syar’i adalah menutup aurat dari ujung rambut hingga ujung kaki. Selain itu, pakaian longgar adalah pon yang harus Anda jalankan.

1. Memilih Bahan yang Tepat

Hal pertama yang membuat banyak wanita masih ragu untuk menggunakan pakaian dan hijab syar’i adalah takut kepanasan, kegerahan, dan gatal. Tentu saja hal-hal tersebut merupakan pengaruh langsung dari bahan hijab yang Anda pilih.

Oleh karena itu, pastikan Anda memilih bahan yang ramah kulit, tidak bikin gatal, dan menyerap keringat. Linen dan katun akan sangat cocok untuk Anda yang kulitnya mudah gatal karena bahan sintetis.

Mengingat berhijab sesuai syariat tidak semudah membalikkan telapak tangan, kesiapan diri sangatlah penting. Selain niat, bahan hijab yang Anda pilih akan mendukung keberlanjutan Anda dalam menjalankan hijrah.

2. Beda Model, Beda Pula Tingkat Kesulitannya

Tips mudah memakai hijab syar’i berikutnya adalah dengan memilih model hijab yang sesuai dengan kepribadian Anda. Memang benar jika berhijab kuncinya adalah menutup dan membatasi diri. Namun Anda juga harus memprioritaskan kenyamanan Anda sendiri, dong.

Anda cukup beruntung karena saat ini ada banyak sekali model hijab syar’i yang tersedia di pasaran. Mulai dari khimar, ceruti, dan segiempat klasik, semua bisa Anda coba, lho.

Apabila ini pertama kalinya Anda menggunakan hijab besar, pastikan Anda memilih yang mudah digunakan. Bahkan sekarang ini ada hijab syar’i instan yang tinggal pakai, tidak perlu pakai pentul atau peniti sana-sini untuk menjaga tetap rapi. Sebagai pemanis, Anda bisa sematkan satu bros cantik.

3. Padu-Padan Warna

Selanjutnya di tips mudah memakai hijab syar’i, Anda bisa memilih warna yang sesuai dengan kepribadian Anda. Seperti penjelasan sebelumnya, Anda tetap bisa tampil modis dan cantik meskipun mengenakan pakaian syar’i. Tapi perlu Anda ingat kalau warna yang bisa dipilih sebaiknya tidak mencolok atau mengundang perhatian.

Oleh karena itu, Anda bisa memilih warna-warna mute atau pastel. Warna hitam dan biru navy merupakan pilihan hijab syar’i yang paling populer. Namun Anda bisa mengenakan pakaian dan hijab dengan nuansa earthy tone, yang menyatu dengan alam.

Bagaimana Memilih Hijab Syar’i yang Benar?

Berikut adalah beberapa tips memilih hijab syar’i yang benar:

1. Tertutup dan Tidak Menerawang

Bicara soal hijab syar’i, tertutup saja tidak cukup. Pastikan hijab yang Anda kenakan tidak menerawang, apapun warna yang Anda pilih.

Ketika beraktivitas di luar, mungkin rambut di tepi pelipis akan mudah keluar. Untuk menyiasati hal ini Anda bisa mengenakan inner atau ciput yang nyaman dan menyerap keringat.

2. Hijab Menutup Dada

Poin berikutnya yang wajib Anda penuhi adalah panjang hijab yang menjulur hingga menutup dada. Tujuannya adalah untuk menyelamatkan dari pandangan sesamanya dan menghindarkan dosa, tentunya.

Oleh karena itu, jangan salah memilih hijab. Apapun warna dan model yang Anda pilih, pastikan panjangnya sampai ke dada.

3. Longgar dan Tidak Membentuk Tubuh

Seperti tips mudah memakai hijab syar’i yang dijelaskan di atas, kunci berhijab adalah mengenakan pakaian longgar. Hal ini juga berlaku untuk kerudung atau penutup kepala yang Anda gunakan. Selain harus menutup hingga dada, sangat dianjurkan untuk memakai hijab yang tidak menunjukkan lekuk tubuh.

Tags: ,

Related post


avatar

aldi

An editor at WordPress Website
View Articles


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan artikel ini

Categories