3+ Teknik Mengoper Bola Dalam Permainan Sepak Bola

2 min read

Teknik Mengoper Bola Dalam Permainan Sepak Bola

Teknik mengoper bola dalam permainan sepak bola – Olahraga sepak bola memanglah asyik dan menyenangkan apalagi bermain sepak bola. Tidak dipungkiri bahwa olahraga sepak bola sangatlah di gemari oleh berbagai kalangan baik itu muda maupun tua. Tidak hanya di Indonesia saja yang populer bahkan seluruh Dunia. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa hampir di setiap negara memiliki liga sepak bola mereka masing-masing.

Saat ini olahraga sepak bola sudah membudaya di kalangan masyarakat. Hal ini bisa dilihat dari antusias dan fanatisme pendukung terhadap tim-tim sepak bola yang mereka sukai, dan juga euforia yang sudah terbentuk di masyarakat seperti mengharuskan seseorang untuk bisa bermain sepak bola.

Perlu anda ketahui bahwa untuk dapat menjadi pemain sepak bola yang hebat haruslah mengetahui dan juga bisa mempraktekkan teknik dasar sepak bola.

Dalam artikel kali ini kami akan membahas mengenai teknik mengoper bola dalam permainan sepak bola. Sebelum ke pokok pembahasan kita akan membahas mengenai pengertian olahraga sepak bola.

Baca Juga;

Pengertian Olahraga Sepak Bola

Pengertian Sepak Bola
Pengertian Sepak Bola

Sepak bola adalah olahraga dengan menggunakan bola yangmana dimainkan dalam lapangan terbuka yang berbentuk persegi panjang, di atas rumput atau rumput sintetis. Dalam permainan sepak bola ini yang berhak menyentuh bola yaitu penjaga gawang.

Dikutip dari wikipedia sepak bola adalah cabang olahraga yang menggunakan bola yang umumnya terbuat dari bahan kulit dan dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 11 (sebelas) orang pemain inti dan beberapa pemain cadangan.

Baca Juga :   3+ Teknik Menendang Bola (Shooting) Dalam Olahraga Sepak Bola Beserta Gambar

Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sepak bola adalah permainan beregu di lapangan, menggunakan bola sepak dari dua kelompok yang berlawanan yang masing-masing terdiri atas sebelas pemain, berlangsung selama 2 x 45 menit, kemenangan ditentukan oleh selisih gol yang masuk ke gawang lawan.

Olahraga Permainan sepak bola adalah olahraga yang beregu, dimana dalam satu pertandingan sepak bola terdiri dari 2 tim dan tiap-tiap tim terdiri dari 11 orang. Tujuan olahraga sepak bola adalah memasukan bola ke gawang lawan dan juga mempertahankan agar bola jangan masuk ke gawang.

Dalam pertandingan sepak bola dilaksanakan dalam 2 babak yaitu pada setiap babak durasi waktunya dilaksanakan selama 45 menit jadi durasi waktu dalam permainan sepak bola adalah 90 menit. Olahraga sepak bola mempunyai induk sepak bola baik di tingkat Dunia maupun Indonesia. Induk sepak bola Indonesia adalah PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia) sedangkan induk sepak bola dunia adalah FIFA (Federation Internationale de Football Association).

Teknik Mengoper Bola Dalam Permainan Sepak Bola

Teknik Mengoper bola dalam permainan sepak bola.jpg
Teknik Mengoper bola dalam permainan sepak bola

Teknik mengoper bola dalam permainan sepak bola adalah suatu teknik mengoper atau memindahkan pergerakan bola dari satu pemain ke pemain yang lainnya dalam olahraga sepak bola. Teknik mengoper bola dalam permainan sepak bola disebut Passing.

Teknik mengoper ini sangatlah diperlukan oleh pemain bola, pasalnya dengan menggunakan teknik ini supaya pola permainan yang diinginkan tercapai baik dalam hal menyerang maupun bertahan.

Dalam melakukan teknik mengoper bola dalam permainan sepak bola biasanya menggunakan beberapa teknik mengoper yaitu teknik passing dengan kaki bagian dalam kaki, teknik passing dengan kaki bagian punggung kaki, teknik passing dengan kaki bagian luar kaki, teknik passing dengan kura-kura kaki, teknik passing short chip, teknik passing long chip dan. teknik passing menggunakan kepala.

Baca Juga :   9+ Teknik Dasar Sepak Bola Serta Penjelasan Lengkap Yang Harus Anda Ketahui!

1. Cara Mengoper Bola Dengan Punggung Kaki / Kura-Kura Kaki

Cara Mengoper Bola Dengan Punggung Kaki
Cara Mengoper Bola Dengan Punggung Kaki

Berikut ini penjelasan cara mengoper bola dengan punggung kaki:

  1. Tumpulah kaki pada sejajar dengan bola, kaki lurus kebelakang.
  2. Kaki untuk menendang bola membentuk 30 derajad dengan kaki tumpu.
  3. Posisikanlah badan Anda dengan sedikit condong kedepan.
  4. Tendangan bola dimulai dari menarik kaki dan dilanjutkan dengan mengayunkan kearah depan.
  5. Ketika sudah mengenai perkenaan bagian punggung kaki, pandangan mata melihat kearah bola dan kemudian meneruskan pada sasaran yang akan dituju atau teman satu tim Anda.
  6. Setalah Anda menendang, nantinya akan ada gerakan lanjutan atau biasa disebut follow through

2. Cara Mengoper Bola Dengan Kaki Bagian Luar

Cara Mengoper Bola Dengan Kaki Bagian Luar
Cara Mengoper Bola Dengan Kaki Bagian Luar

Berikut ini penjelasan cara mengoper bola dengan kaki bagian luar:

  1. Tumpulah kaki pada sejajar dengan bola, kaki lurus kebelakang.
  2. Kaki untuk menendang bola membentuk 30 derajad dengan kaki tumpu.
  3. Posisikanlah badan Anda sedikit condong kedepan.
  4. Tendangan bola dimulai dari menarik kaki dan dilanjutkan dengan mengayunkan kearah depan.
  5. Ketika bola sudah mengenai perkenaan kaki bagian luar mata melihat kearah bola dan meneruskan pandangan pada sasaran.
  6. Jika sudah selesai menendang, maka akan ada gerakan lanjutan atau disebut follow through.

3. Cara Mengoper Bola Dengan Kaki Bagian Dalam

Cara Mengoper bola dengan kaki bagian dalam
Cara Mengoper bola dengan kaki bagian dalam

Berikut ini adalah penjelasan cara mengoper bola dengan kaki bagian dalam:

  1. Tumpuan kaki samping sejajarkanlah dengan bola dan kemudian tekkukan lutut Anda.
  2. Kaki untuk menendang membentuk sudut 90 derajat dengan kaki tupuh.
  3. Posisikanlah badan Anda dibelakang bola sedikit tegak.
  4. Mulailah dengan tendangan dengan menarik kaki dan mengayunkan kaki kearah depan.
  5. Ketika bola sudah mengenai perkenaan kaki bagian luar mata melihat kearah bola dan meneruskan pandangan pada sasaran.
  6. Jika sudah selesai menendang, maka akan ada gerakan lanjutan atau disebut follow through.
Baca Juga :   4+ Teknik Menyundul Bola (Heading) Dalam Olahraga Sepak Bola Beserta Gambar

Demikian itulah beberapa teknik mengoper bola dalam permainan sepak bola, cara terbaik untuk mengoper bola adalah dengan keadaan santai. jangan tergesa-gesa, jangan gugup. Tetaplah tenang ketika mengoper bola kepada teman agar bola tepat sasaran. Terima kasih semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Baca Juga;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *