4+ Teknik Menyundul Bola (Heading) Dalam Olahraga Sepak Bola Beserta Gambar

4 min read

Teknik Menyundul Bola Heading Dalam Sepak Bola

Teknik Menyundul Bola Dalam Olahraga Sepak Bola – Olahraga sepak bola memanglah asyik dan menyenangkan apalagi bermain sepak bola. Tidak dipungkiri bahwa olahraga sepak bola sangatlah di gemari oleh berbagai kalangan baik itu muda maupun tua. Tidak hanya di Indonesia saja yang populer bahkan seluruh Dunia. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa hampir di setiap negara memiliki liga sepak bola mereka masing-masing.

Saat ini olahraga sepak bola sudah membudaya di kalangan masyarakat. Hal ini bisa dilihat dari antusias dan fanatisme pendukung terhadap tim-tim sepak bola yang mereka sukai, dan juga euforia yang sudah terbentuk di masyarakat seperti mengharuskan seseorang untuk bisa bermain sepak bola.

Perlu anda ketahui bahwa untuk dapat menjadi pemain sepak bola yang hebat haruslah mengetahui dan juga bisa mempraktekkan teknik dasar sepak bola.

Dalam artikel kali ini kami akan membahas mengenai teknik menyundul bola (heading) dalam olahraga sepak bola. Sebelum ke pokok pembahasan kita akan membahas mengenai pengertian olahraga sepak bola.

Pengertian Olahraga Sepak Bola

Sepak bola adalah olahraga dengan menggunakan bola yangmana dimainkan dalam lapangan terbuka yang berbentuk persegi panjang, di atas rumput atau rumput sintetis. Dalam permainan sepak bola ini yang berhak menyentuh bola yaitu penjaga gawang.

Baca Juga;

Dikutip dari wikipedia sepak bola adalah cabang olahraga yang menggunakan bola yang umumnya terbuat dari bahan kulit dan dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 11 (sebelas) orang pemain inti dan beberapa pemain cadangan.

Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sepak bola adalah permainan beregu di lapangan, menggunakan bola sepak dari dua kelompok yang berlawanan yang masing-masing terdiri atas sebelas pemain, berlangsung selama 2 x 45 menit, kemenangan ditentukan oleh selisih gol yang masuk ke gawang lawan.

Olahraga Permainan sepak bola adalah olahraga yang beregu, dimana dalam satu pertandingan sepak bola terdiri dari 2 tim dan tiap-tiap tim terdiri dari 11 orang. Tujuan olahraga sepak bola adalah memasukan bola ke gawang lawan dan juga mempertahankan agar bola jangan masuk ke gawang.

Baca Juga :   3+ Teknik Mengoper Bola Dalam Permainan Sepak Bola

Dalam pertandingan sepak bola dilaksanakan dalam 2 babak yaitu pada setiap babak durasi waktunya dilaksanakan selama 45 menit jadi durasi waktu dalam permainan sepak bola adalah 90 menit. Olahraga sepak bola mempunyai induk sepak bola baik di tingkat Dunia maupun Indonesia. Induk sepak bola Indonesia adalah PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia) sedangkan induk sepak bola dunia adalah FIFA (Federation Internationale de Football Association).

Teknik Menyundul Bola (Heading)

Teknik Menyundul Bola Heading Dalam Sepak Bola
Teknik Menyundul Bola Heading Dalam Sepak Bola

Teknik menyundul bola adalah gerakan dengan menggunakan kepala yangmana mengarahkan bola ke arah atau tempat yang diinginkan. Dalam olahraga sepak bola, teknik heading ini dapat digunakan untuk dapat memberikan umpan ke arah teman, menghalau bola, ataupun dapat digunakan untuk mencetak gol. Tidak hanya itu saja, penggunaan teknik heading ini digunakan untuk membuang bola jauh dari area pertahanan oleh pemain bertahan.

Teknik menyundul bola ini tentu saja ketika kamu tidak bisa menggapai bola yang terlalu tinggi, dan pastinya untuk membobol gawang lawan, dan juga passing.

Untuk dapat melakukan teknik ini, kamu harus memperhatikan posisi badan dan waktu yang tepat untuk melompat menyambut bola. Untuk dapat menyundul bola dengan benar, ada beberapa langkah-langkah untuk menyundul bola, perhatikan dibawah ini:

  1. Larilah menjemput arah datangnya bola, dan arahkan pandangan mata tertuju ke arah bola yang datang.
  2. Otot leher dikuatkan dan dikeraskan.
  3. Gunakanlah dahi untuk menyundul bola. Jangan sampai anda menggunakan bagian yang lain dari kepala yang, sehingga membuat kepala anda merasa sakit.
  4. Badan ditarik kearah kebelakang, sehingga badan akan melengkung dan mudah untuk menyundul bola dan tepat sasaran.
  5. Ketika menyundul bola maka jangan sampai memejamkan mata. Lihatlah dimana bola akan datang dan kemudian anda ikutilah gerakan dengan cara berlari menjemput bola yang datang.

Setelah memahami langkah-langkah dasar atau prinsip mengenai menyundul bola, selanjutnya kita akan membahas mengenai teknik menyundul bola. Berikut penjelasannya:

Teknik Menyundul Bola Dalam Olahraga Sepak Bola

Teknik Menyundul Bola Dalam Olahraga Sepak Bola
Teknik Menyundul Bola Dalam Olahraga Sepak Bola

Teknik menyundul bola dalam permainan sepak bola mempunyai tujuan guna mengoper, mencetak bola dan mematahkan serangan lawan maupun untuk membuang bola agar tidak dikuasai lawan. Berikut ini adalah teknik menyundul bola dalam olahraga sepak bola yang benar adalah:

Baca Juga :   9+ Teknik Dasar Sepak Bola Serta Penjelasan Lengkap Yang Harus Anda Ketahui!

1. Menyundul Bola dengan Sikap Berdiri

Menyundul Bola dengan Sikap Berdiri
Menyundul Bola dengan Sikap Berdiri

Teknik menyundul bola dengan sikap berdiri adalah suatu teknik menyundul bola yang dapat dipelajari dengan mduah. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk mencoba melakukan gerakan teknik ini dengan tepat agar hasil sundulan bola baik:

  • Sikap Badan tidak bergerak dan berhenti di tempat.
  • Hadapkan tubuh Anda pada arah datangnya bola selanjutnya Anda menekuk kedua kaki bagian depan maupun belakang beserta lutut.
  • Condongkanlah tubuh Anda ke arah belakang sedikit.
  • Fokuskanlah arah pandangan pada datangnya bola.
  • Gunakanlah kekuatan otot perut Anda guna melakukan dorongan panggul kemudian doronglah kedua lutut Anda untuk bisa di luruskan.
  • Tubuh Anda condongkanlah ke depan dan lanjutkan dengan melakukan gerakan lanjutan untuk dapat menyundul bola ke arah yang Anda targetkan.

2. Menyundul Bola dengan Berlari

Menyundul Bola dengan Berlari
Menyundul Bola dengan Berlari

Teknik menyundul bola dengan berlari banyak digunakan oleh para pemain sepak bola sewaktu pertandingan dan Anda pun bisa juga untuk melakukan teknik ini, berikut ini adalah teknik menyundul bola dengan berlari:

  • Anda ambilah posisi untuk berlari ke arah datangnya bola.
  • Fokuskanlah arah pandangan Anda pada bola yang datang.
  • Gerakan yang dilakukan bisa dibuat seperti ketika hendak menyundul bola dengan sikap berdiri yang telah dijelaskan sebelumnya.

Sebenarnya utama dari gerakan pada teknik menyundul bola dengan berlari ini hampir sama dengan teknik menyundul sambil berdiri. Hanya saja memang bedanya, perbedaannya yaitu Anda harus berlari terlebih dahulu untuk menyongsong bola, barulah Anda bisa melakukan sundulan dengan gaya dan sikap tubuh persis dengan gerakan menyundul sambil berdiri.

3. Menyundul Bola dengan Sikap Melayang

Menyundul Bola dengan Sikap Melayang
Menyundul Bola dengan Sikap Melayang

Teknik menyundul bola dengan sikap melayang ini sangat berguna ketika pemain hendak mencetak gol ke gawang lawan. Bola yang disundul dengan arah yang tepat sasaran yang juga sempurna maka akan berhasil mencetak gol.

Untuk dapat melakukan teknik menyundul bola dengan sikap melayang ini, pemain tentu saja harus berani untuk menjatuhkan badan ketika menyundul bola, karena intinya pemain harus melompat terlebih dahulu dan kemudian melayang sehingga nanti badannya akan terjatuh ke tanah sesudah menyundul bola. Penggunaan teknik tersebut perlu dilakukan saat bola datang melambung dengan posisi bola yang juga tidak begitu terlalu tinggi dari permukaan tanah.

Baca Juga :   3+ Teknik Menendang Bola (Shooting) Dalam Olahraga Sepak Bola Beserta Gambar

4. Menyundul Bola dengan Melompat

Menyundul Bola dengan Melompat
Menyundul Bola dengan Melompat

Pada teknik menyundul bola dengan melompat pemain dapat memilih untuk melakukan sundulan bola dengan menggunakan awalan atau tanpa awalan tergantung dari keinginan dan kenyamanan pemain. Ketika Anda melakukan tanpa menggunakan awalan maka gunakanlah kedua kaki Anda sebagai tolakan, sedangkan bila dengan awalan maka satu kaki terkuat saja yang digunakan.

Walaupun seperti itu, untuk dapat menggunakan teknik menyundul sambil melompat dengan awalan, tolakan tidak hanya bisa dilakukan dengan satu kaki, akan tetapi juga boleh menggunakan kedua kaki. Berikut ini adalah penjelasan teknik menyundul bola dengan lompatan.

  • Ketika mulai melompat atau di saat tubuh naik ke atas maka gerakan sundulan bola perlu Anda lakukan.
  • Tujuan dari penggunakan teknik sundulan dengan melompat ini adalah supaya serangan dari lawan dapat dipatahkan secara lebih mudah. Bahkan ada juga sundulan dilakukan demi membersihkan bola dari area yang mengancam yang ada pada area depan gawang tim sendiri.
  • Gerakan menyundul bola ini dilakukan supaya bola dapat disundul ke arah bawah yang bertujuan untuk bisa mengoper bola kepada kawan setim atau juga dengan tujuan supaya bisa mencetak gol pada gawang tim lawan.

Penggunaan teknik menyundul bola satu ini memanglah sebagai cara yang tepat untuk dapat mengecoh pemain bertahan dari pihak lawan dan juga penjaga gawang tim lawan. Karena ketika bola di sundul menggunakan teknik ini maka bola akan otomatis melambung cukup tinggi akan disambut dengan kaki tim lawan dan bukannya dengan kepala sehingga akan sangat mengecoh.

Demikianlah artikel dari kami yang membahas mengenai teknik menyundul bola (heading) dalam olahraga sepak bola beserta gambar, semoga artikel dari kami bisa memudahkan Anda untuk dapat mempelajari teknik menyundul bola dalam olahraga sepak bola. Terimakasih.

Baca Juga;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *